Rumah Minimalis Rumah Minimalis
Home » Dapur » Penataan Desain Dapur Minimalis

Penataan Desain Dapur Minimalis

Thursday, October 30th 2014. | Dapur, Rumah Minimalis

 

Desain dapur minimalis dapat membuat penataan dapur terlihat lebih luas dan lebih rapi walaupun sebenarnya ukuran ruangnya sempit dan kecil. Ini merupakan salah satu keuntungan dari menerapkan desain dapur mungil minimalis di rumah mungil dengan lahan terbatas. Cukup banyak contoh desain dapur yang minimalis. Salah satunya pasti cocok diterapkan pada rumah Anda. Kunci penataan interior untuk rumah mungil adalah menerapkan konsep desain minimalis, termasuk ke dalam dapur. Meskipun dapur bukanlah ruangan yang akan dilihat langsung oleh tamu-tamu yang mengunjungi rumah, namun penataan yang apik dapat membuat kita merasa lebih nyaman saat bekerja di dapur.

Jika Anda memiliki dapur yang berukuran mungil, maka Anda bisa mencoba konsep desain dapur minimalis dengan cara meletakkan kabinet di sisi kanan atau kiri dapur. Dengan demikian ruangan akan terlihat luas. Sebaiknya Anda tidak meletakkan kitchen island jika ukuran ruang terbatas sebaliknya desain dapur minimalis bentuk dapat terlihat lebih colorful, ceria, rapi, dan terkesan lega. Hal ini adalah salah satu cara untuk memberikan kesan segar di dalam dapur. Selain itu, pilihan warna juga sangat menentukan kesan yang ingin ditampilkan. Sebaiknya pilihan warna ditentukan agar senada dengan ruangan lainnya di rumah mungil Anda.

Dapur merupakan salah satu ruangan yang penting dan harus ada di dalam sebuah rumah. Dapur bukan saja menjadi ruang untuk melakukan kegiatan masak memasak dan menyimpan bahan-bahan makanan, namun juga tempat berkreasi dan bahkan berkumpul. Beberapa rumah meletakkan dapur dan ruang makan berdekatan agar kegiatan berkumpul dapat dilakukan oleh seluruh anggota keluarga sambil menikmati makanan yang ada. Oleh karena itu, walaupun Anda tinggal di sebuah rumah berukuran mungil dengan space yang sangat terbatas, Anda tetap harus menyediakan dapur untuk memasak. Sebuah desain dapur minimalis tidak perlu mewah. Dengan luas karena ruangan terbatas, pastikan bahwa dapur tersebut berfungsi dengan baik.

Jika Anda memiliki dapur kecil namun Anda ingin berfungsi maksimal, maka sebaiknya Anda menerapkan desain dapur minimalis. Salah satu contoh desain dapur minimalis sederhana misalnya dengan menempatkan kompor dan area persiapan bahan makanan dalam satu lajur yang sama. Sebaiknya Anda juga tidak membeli kulkas yang terlalu besar. Kulkas satu pintu berkapasitas 160 liter sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sebuah keluarga kecil. Dengan ukuran kulkas seperti ini, Anda bisa menyetok bahan makanan untuk tiga hari ke depan. Dengan demikian, Anda tidak perlu sering-sering berbelanja.

Tips lain dalam menata desain dapur minimalis adalah membeli tempat cuci piring berukuran kecil yang dapat dipasang pada sisa space antara area kompor dan tembok. Dengan demikian ketika Anda memasak, Anda bisa mengambil air atau mencuci peralatan masak dengan jauh lebih mudah. Gerakan aktivitas yang linier membuat pekerjaan lebih mudah dilakukan. Anda tidak memerlukan meja di dapur sebab makanan yang sudah selesai dimasak langsung bisa dibawa ke meja makan.

Salah satu elemen penting dalam penataan desain dapur minimalis adalah pencahayaan dan ventilasi. Pencahayaan di area dapur sebaiknya cukup memadai sebab hal tersebut akan membantu Anda melakukan kegiatan dengan lebih mudah. Selain itu, harus ada lubang-lubang ventilasi yang memadai. Jika mungkin, Anda sebaiknya memasang exhausted fan atau kipas angin khusus untuk membantu membuang udara keluar ruangan sehingga ruangan tidak sumpek dan berbau tidak sedap.

Deskripsi: Desain dapur minimalis salah satunya adalah dengan menggunakan dapur berbentuk I dimana selain berkesan minimalis, juga terlihat rapi dan memudahkan pekerjaan.

Cat : Dapur, Rumah Minimalis,

Comment For Penataan Desain Dapur Minimalis

Latest

Related Post