Rumah Minimalis Rumah Minimalis

160 adsen

Home » Rumah Minimalis » Model Plafon Rumah yang Tepat untuk Rumah Minimalis

Model Plafon Rumah yang Tepat untuk Rumah Minimalis

Wednesday, October 22nd 2014. | Rumah Minimalis

 

Plafon rumah memiliki peranan yang penting di dalam rumah. Plafon tidak hanya berfungsi untuk menambah keindahan rumah, akan tetapi untuk menjaga kebersihan rumah. Bagi rumah minimalis, plafon juga memiliki peranan yang sama. Model plafon untuk rumah bergaya minimalis lebih beragam dibanding dengan model plafon pada rumah klasik. Plafon untuk rumah minimalis menerapkan berbagai corak dan juga warna yang menarik. Tentu saja pemilihan model plafon disesuaikan dengan desain rumah yang diterapkan, sehingga rumah akan terlihat lebih indah dan tentunya rumah juga akan terlihat lebih rapi.

Macam-Macam Model Plafon Rumah

Model plafon rumah minimalis modern lebih baik menggunakan bahan gypsum. Model tersebut dianggap mudah dalam menyambungkan plafon yang satu dengan plafon yang lain. Sambungan juga tidak akan terlihat jelas, bahkan cenderung terlihat mirip seperti atap semen. Motif plafon dengan menggunakan bahan gypsum juga sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ornamen mirip ukiran pada plafon akan menambah keindahan rumah. Sayangnya, plafon rumah dengan bahan gypsum akan cepat rapuh jika sering terkena air. Sehingga untuk menghindari hal tersebut, Anda harus lebih memperhatikan atap rumah dan segera memperbaiki jika terjadi kebocoran.

Model plafon yang kedua adalah dengan menggunakan bahan triplek. Plafon dengan bahan tersebut memang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Model plafon dengan bahan triplek cocok diterapkan untuk plafon rumah minimalis sederhana. Selain itu, bahan triplek sangat mudah dalam pemasangannya, bahkan juga terasa lebih ringan jika diangkat dan tidak perlu khawatir akan mudah rusakkarena bahan triplek cukup tahan terhadap benturan. Namun, kelemahan dari plafon dengan bahan triplek adalah triplek akan mudah rapuh karena dimakan hama rayap. Bahkan, plafon rumah bahan triplek juga akan mudah rapuh jika terlalu sering terkena air.

Bahan lain dalam pembuatan plafon adalah silica dan PVC. Plafon dengan bahan silica sedikit lebih tahan lama. Desain plafon juga cukup beragam, sehingga Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan rumah. Namun, kelemahan dari model plafon tersebut adalah cukup membahayakan kesehatan tubuh karena material silica dapat terhirup oleh tubuh kita. Tentu saja jika sudah membicarakan masalah kesehatan, Anda akan memilih untuk menghindarinya.

Sedangkan untuk plafon rumah berbahan PVC atau plastic memiliki ketahanan yang luar biasa. Plafon tidak cepat rapuh dan tahan terhadap air dan rayap. Plastik sendiri memiliki sifat yang kedap air dan tentunya tidak disukai oleh rayap. Kelemahannya hanya pada persoalan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan model lainnya.

Beberapa Cara untuk Menerapkan Plafon Rumah

Apabila Anda akan menggunakan plafon pada rumah, maka ada beberapa cara menerapkan plafon rumah dengan baik, antara lain:

1. Plafon berbahan gipsum atau GRC

Plafon berbahan gipsum harus dipasang dengan cara menyilang. Pemasangannya hampir sama dengan pemasangan batu bata pada dinding. Tujuannya agar plafon tidak mudah mengalami retak, terutama pada bagian sambungan antara plafon yang satu dengan plafon lainnya. Dimana sambungan plafon adalah titik yang paling rawan terjadi keretakan.

2. Plafon berbahan triplek

Plafon rumah berbahan triplek memang lebih mudah pemasangannya dibandingkan dengan bahan gypsum. Sebelum memasang plafon, sebaiknya Anda mengukur lebar triplek dengan baik. Tujuannya agar nantinya Anda tidak merasa repot jika terjadi kekurangan atau kelebihan plafon.

3. Plafon berbahan plastic

Plafon berbahan plastic memiliki sifat yang lentur, sehingga dalam pemasangannya Anda harus memberikan sedikit jarak pada masing-masing plafon. Tujuannya adalah agar plafon rumah tidak mudah rusak.

Deskripsi: Plafon rumah memiliki bahan dan corak yang beraneka ragam, dimana masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Cat : Rumah Minimalis,

Comment For Model Plafon Rumah yang Tepat untuk Rumah Minimalis

Latest

Related Post