Rumah Minimalis Rumah Minimalis

160 adsen

Home » Rumah Minimalis » Metode Perhitungan Biaya Bangun Rumah

Metode Perhitungan Biaya Bangun Rumah

Thursday, October 30th 2014. | Rumah Minimalis

 

Hal yang sangat penting ketika Anda akan membangun rumah adalah biaya bangun rumah. Ya, dana atau biaya ini harus benar-benar dipersiapkan agar Anda bisa mewujudkan untuk mendapatkan sebuah hunian idaman Anda. Nah, bagi Anda yang ingin membangun rumah dan takut budget tidak mencukupi sebaiknya lakukan perhitungan biaya bangun rumah terlebih dahulu. Oleh karena itu, kami akan membantu Anda untuk membuat sebuah Rencana Anggaran Biaya Bangunan yang disingkat menjadi RABB.

Ada beberapa metode dalam perhitungan biaya bangun rumah yang harus Anda lakukan. Berikut ini metode-metode perhitungan biaya bangun rumah untuk Anda semua:

· Metode perhitungan satuan analisa dengan harga satuan bangunan rumah

Metode perhitungan yang satu ini terbilang rumit, sehingga membutuhkan ketelitian dari Anda. Hal ini dikarenakan Anda harus terlebih dahulu menguraikan semua detail pekerjaan bangunan rumah dengan cara mencari harga dari setiap pekerjaan, setelah itu Anda jumlahkan seluruh biaya seperti berbentuk rekapitulasi. Akan tetapi, metode ini biasanya sering digunakan untuk menghitung biaya bangun rumah oleh para kontraktor untuk mengendalikan biaya proyek bangunan sebagai laporan. Langkah-langkah metode perhitungan ini yaitu:

1. Buatlah gambar yang Anda bangun

2. Buatlah syarat bangunan rumah yang ingin dibangun, beserta spesifikasi dari bahan-bahan bangunan rumah Anda

3. Buat rincian semua daftar pekerjaan bangunan yang dilakukan

4. Hitung volume dari setiap item pekerjaan

5. Buat daftar harga untuk upah pekerja dan juga harga bahan terbaru

6. Lakukan analisa perhitungan dari harga satuan setiap pekerjaan

7. Kalikan analisa dari harga satuan dengan volume

8. Buatlah total harga seluruhnya

9. Tambahkan dengan angka hasil dari perhitungan RABB berikut pajak penghasilan sebesar 10%.

· Metode meter persegi bangunan

Metode yang kedua bisa dibilang merupakan cara yang paling cepat sekaligus paling mudah yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Cara hitung biaya bangun rumah ini juga sangat tepat dilakukan oleh masyarakat awam. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Langkah pertama, Anda harus menentukan ukuran rumah terlebih dahulu, seperti luas bangunan, dengan merencanakan jumlah lantai rumah yang akan Anda menggunakan satuan m2.

2. Jika Anda ingin membangun sebuah rumah dengan 2 lantai, misalnya dengan ukuran 5 m x 10 m. Sehingga luasnya bisa dihitung dengan cara: 2 lantai x 5m x 10 m = 100 m2.

3. Setelah itu, Anda cari berapa harga standar meter persegi bangunan di daerah yang ingin Anda bangun serta waktu pelaksanaan yang berlangsung selama pembangunan. Misalnya saja, Anda mengetahui biaya pembangunan rumah didaerah tertentu (daerah tempat Anda membangun rumah) misalnya untuk tiap m2= Rp. 2.000.000.

4. Sehingga, Anda bisa menentukan jumlah total biaya bangun rumah dengan cara: Rp. 2 juta x 100 m2= Rp. 200.000.000, berarti total biaya untuk membangun rumah idaman Anda adalah sebesar dua ratus juta rupiah.

· Metode volume x harga pekerjaan

Metode perhitungan volume x harga pekerjaan sebenarnya hampir sama seperti metode yang pertama. Namun, pada metode ini Anda tidak perlu lagi menghitung koefisien dari analisa harga satuan, sehingga lebih praktis menggunakan metode ini. Adapun caranya, Anda harus melihat referensi daftar harga satuan tiap bulannya yang telah ditetapkan, baik oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Nah, itulah metode perhitungan biaya bangun rumah yang bisa Anda rinci dari sekarang sebelum membangun rumah. Semoga bermanfaat!

Deskripsi: Biaya bangun rumah adalah total keseluruhan biaya dimulai dari material bangunan, biaya upah pekerja dan sebagainya hingga mendapatkan rumah yang diinginkan.

Cat : Rumah Minimalis,

Comment For Metode Perhitungan Biaya Bangun Rumah

Latest

Related Post